Airlangga Optimis Pertumbuhan Ekonomi 2023 Capai 5,3 Persen

Tak Berkategori150 Dilihat

Senin, 7 Agustus 2023 – 21:22 WIB

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimis, target pertumbuhan ekonomi 2023 sebesar 5,3 persen dapat tercapai. Pemerintah dalam hal ini akan mendorong belanja Kementerian Lembaga (K/L) pada kuartal III-2023 mendatang.

Baca Juga :

Fadli Zon Suarakan Dukungan Indonesia untuk Pembentukan Forum Parlemen Strategis BIMP-EAGA

“Pertumbuhan kita targetkan 5,3 persen sesuai APBN, dan pengungkit di kuartal III dan bisa didorong. Kuartal III kita harapkan bisa masih kita tingkatkan,” ujar Airlangga dalam konferensi pers di kantornya Senin, 7 Agustus 2023.

Airlangga menuturkan, untuk faktor pendorong pertumbuhan ekonomi kuartal III-2023 adalah belanja Pemerintah. Dengan itu, Pemerintah akan memastikan belanja pada K/L akan optimal.

Baca Juga :

Kerja Sama Ekonomi ASEAN Diperkuat untuk Pertumbuhan, Stabilitas, dan Kemakmuran

“Kita akan coba pastikan belanja Pemerintah terutama kepada K/L yang besar misalnya infrastruktur, program-program padat karya dari pertanian itu kita dorong. Karena itu efeknya jelas,” ujarnya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca Juga :

Didaulat Sebagai Kawasan Strategis, Legislator Dorong Penguatan Stabilitas ASEAN

Adapun Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekonomi RI pada kuartal II-2023 tumbuh sebesar 5,17 persen. Pertumbuhan itu diantaranya disebabkan oleh sisi pengeluaran, konsumsi rumah tangga yang tumbuh kuat di 5,23 persen.

“Kemudian peningkatan aktivitas masyarakat selama libur lebaran, dan hari libur lainnya serta PMTB (Pembentukan Modal Tetap Bruto), yang mencerminkan aktivitas investasi dan pertumbuhan konsumsi pemerintahan sebesar 10,62 persen secara yoy,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya

Airlangga menuturkan, untuk dari segi lapangan usaha tercatat seluruh sektor tumbuh positif terutama sektor transportasi dan pergudangan itu ekspansif dua digit 15,28 persen.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *