7 Daftar penyakit mata yang ditanggung BPJS Kesehatan

Uncategorized70 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaBadan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan Mencakup pelayanan kesehatan bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Jaminan kesehatan dan perawatan diberikan untuk berbagai jenis penyakit, salah satunya penyakit mata.

Berdasarkan laman KMU Eye Clinic, terdapat 7 jenis penyakit mata yang ditanggung BPJS Kesehatan. Dengan rincian sebagai berikut.

Daftar penyakit mata yang ditanggung BPJS Kesehatan

1. Latar belakang retinopati

Retinopati posterior merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di bagian belakang mata.

Disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi, penyakit ini dapat menyebabkan pendarahan kecil atau pendarahan pada retina mata. Penyakit yang disebut dengan retinopati hipertensi ini ditandai dengan penebalan dan perluasan pembuluh darah di retina.

2. Retinopati diabetik

Berbeda dengan retinopati hipertensi, retinopati diabetik merupakan penyakit mata akibat diabetes yang tidak terkontrol sehingga menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di retina.

Pengobatan retinopati disesuaikan dengan tingkat keparahannya, misalnya dengan fototerapi.

3. Glaukoma

Glaukoma disebabkan oleh kerusakan bertahap pada saraf optik yang menghubungkan mata ke otak.

Kerusakan ini disebabkan oleh tekanan mata. Penyakit mata ini bisa menyerang siapa saja, namun kasus terbanyak ditemukan pada orang lanjut usia.

4. Dugaan glaukoma

Dugaan glaukoma adalah istilah yang digunakan untuk pasien yang diagnosis glaukomanya tidak dapat dipastikan, namun juga tidak dapat dikesampingkan. Kerusakan pada saraf optik yang dicurigai sebagai glaukoma tidak mengakibatkan hilangnya penglihatan sepenuhnya.

5. Visibilitas rendah

Kondisi mata yang ditanggung BPJS Kesehatan selanjutnya adalah kehilangan penglihatan atau Penglihatan rendah.

iklan

Penderitanya sulit melakukan aktivitas seperti membaca jarak dekat, menulis dan membaca teks berukuran besar, serta berada di ruangan yang cukup terang.

Baca Juga  Konon orang Tanah Abang yang setia pergi ke pasar dan membeli

6. Presbiopia

Presbiopia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan ketidakmampuan melihat objek jauh dengan jelas. Penyakit ini mudah ditemukan pada orang berusia 40 tahun ke atas. Penyakit ini bisa diatasi dengan memakai kacamata baca.

Merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenx) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Besaran Tarif Pelayanan Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan, jaminan kacamata kepada peserta JKN diberikan dalam bentuk subsidi keuangan.

Besaran subsidinya adalah Rp165.000 untuk penerima bantuan iuran (PBI) atau hak perawatan kelas 3, Rp220.000 untuk hak perawatan kelas 2, dan Rp330.000 untuk hak perawatan kelas 1.

Resep kacamata sebaiknya didasarkan pada gejala medis dan pemeriksaan dokter mata. Dalam aturan yang sama, ketentuan penerima kacamata menyarankan pemberian lensa 0,5 dioptri dan/atau lensa silinder 0,25 dioptri minimal setiap 2 tahun sekali.

7. Katarak

Katarak Ini juga merupakan salah satu penyakit mata yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Lensa mata pada penderita katarak tampak kotor sehingga penglihatannya berkurang, kabur dan berbayang.

Katarak dapat menyerang dua mata sekaligus dan dapat diobati dengan metode pembedahan.

MELINDA DWI PUSPITA

Pilihan Editor: Cara Kerja Katarak Menggunakan BPJS Kesehatan dan Kondisinya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *