5 Masjid yang Menarik Wisatawan Muslim di Hong Kong, Yang Tertua Dibangun Tahun 1840-an

Uncategorized70 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaHongkong Ini bukanlah tujuan wisata utama bagi wisatawan Muslim dari seluruh dunia. Namun wilayah administratif khusus Tiongkok ini sudah mulai dibangun Pariwisata ramah Muslim. Di antara sekian banyak tempat wisata di kota ini adalah masjidnya.

Hong Kong punya lima. MasjidDibangun pada tahun 1940-an, Masjid Jamia adalah salah satu yang tertua. Ada lima masjid di Hong Kong.

1. Masjid & Pusat Islam Kowloon

Kowloon merupakan salah satu kawasan ramah Muslim di Hong Kong. Lebih dari 70 persen restoran di wilayah ini bersertifikat Halal. Di sinilah letak masjid terbesar di Hong Kong.

Masjid dan Islamic Center Kowloon yang terletak di persimpangan Jalan Nathan dan Haiphong di Tim Sha Tuy dapat menampung hingga 3.500 orang. Awalnya didirikan oleh tentara Muslim yang menetap di daerah tersebut, masjid ini mewakili sejarah unik komunitas Muslim setempat.

Masjid dan Pusat Islam Kowloon (HKTB/Shafak Taika)

Dengan empat menara yang tingginya mencapai 11 meter, masjid ini memiliki daya tarik tersendiri. Strukturnya menggunakan marmer putih pada pelat dan fasad, dihiasi detail jendela di sekelilingnya.

2. Masjid Islamic Center Amar dan Osman Ramju Sadiq

Masjid Islamic Center Amar dan Osman Ramju Sadiq resmi dibuka pada 14 September 1981. Dikelola oleh Hong Kong Islamic Union, masjid ini melayani kebutuhan komunitas Muslim di sana.

Gedung ini memiliki delapan lantai. Ini adalah masjid dengan masjid yang indah di lantai pertama dan kedua. Mushola wanita terletak di lantai tiga. Lantai empat sampai delapan merupakan area administrasi dan umum yang meliputi ruang kelas, kantin Islam, perpustakaan, kantor imam, guru al-Qur’an dan organisasi Islam. Gedung ini dapat menampung lebih dari 1.500 orang.

Baca Juga  Optimis Soal Penguasaan Suara Ganjar-Mahfoud, Sekjen PDIP: Kedua partai punya sejarah valid.

iklan

3. Masjid Jamiah

Masjid Jamia merupakan masjid pertama di Hong Kong yang dibangun pada tahun 1840-an dan kemudian diperluas pada tahun 1915. Bangunan bersejarah Kelas I ini berbentuk persegi panjang dengan pintu masuk utama dan jendela lengkung bergaya Arab di semua sisinya. Pada tahun 2011-12 dan 2012-13, renovasi besar-besaran dilakukan oleh Dewan Pengawas dengan pendanaan yang signifikan dari Biro Pembangunan Pemerintah Hong Kong. Sejarahnya menarik wisatawan Muslim.

Masjid ini berukuran panjang sekitar 70 kaki atau 21 meter, lebar 40 kaki atau 12 meter, dan tinggi 20 kaki atau 6 meter. Bangunan ini memiliki serambi yang menjulang tinggi di bagian atas. Masjid ini mampu menampung lebih dari 400 jamaah.
Masjid ini melaksanakan salat lima waktu, salat Jumat, dan salat Idul Fitri. Selama Ramadhan, salat Tarawih dilakukan di sini dan persembahan dilakukan untuk berbuka puasa.

4. Masjid Chai Wan

Masjid ini dikelilingi pegunungan dan dikelilingi tanaman hijau sehingga cocok bagi Anda yang ingin menikmati lingkungan yang tenang dan damai. Di luar musala terdapat ruang terbuka yang cocok untuk pertemuan keagamaan kecil. Masjid Chai Wan terletak di Tai Tam Gap, Chai Wan, Hong Kong.

5. Masjid Stanley

Masjid ini dibuka pada tanggal 1 Januari 1937. Di dalam Penjara Stanley yang terbatas di Jalan Tung Tau Wan 53, masjid ini kecil namun indah dengan ruang sholat, balkon, dan halaman. Dewan Penasihat Barang Antik dan Monumen menetapkan Masjid Stanley di Hong Kong sebagai Bangunan Bersejarah Kelas 1 pada tanggal 18 Desember 2009.

Pilihan Editor: Tiga Kota Ramah Turis Muslim di Filipina



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *