Mudik Bahagia Bersama Keluarga HMSS Jakarta Gelar Kegiatan

Mediasumut.com, JAKARTA – Puasa ramadhan dan Lebaran adalah momentum tahunan yang selalu dirindukan oleh semua umat muslim di dunia. Dalam menyambut hari besar yang terjadi sekali dalam setahun ini, umat muslim setiap daerah menyambut dengan penuh suka cita. Di bulan Ramadhan kita berlomba-lomba dalam beribadah agar menjadi manusia yang bertaqwa sembari menyiapkan berbagai perlengkapan untuk lebaran seperti baju baru, THR, dan oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung. Tidak kalah ketinggalan dengan perantau lain, kami juga tengah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk dapat mudik tahun ini.

Pada tahun 2018 ini, Himpunan Masyarakat Aceh Singkil – Subulussalam (HMSS) Jabodetabek kembali mengadakan mudik bareng ke kampung halaman di Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. Fungsionaris HMSS Jabodetabek telah memutuskan untuk membentuk panitia mudik melalui keputusan musyawarah mufakat. Kali ini kepanitian mengusung nama kegiatan Pulang Basamo Pulung Mekaum (PBPM) 2018 dengan tema “Mudik Bahagia Bersama Keluarga”. “Kegiatan ini secara umum mengajak semua masyarakat Aceh Singkil – Subulussalam yang ada di perantauan dimanapun berada untuk mau ikut program mudik bersama”. Ujar Mayjen TNI (Purn) Amiruddin Usman selaku ketua umum HMSS Jabodetabek

Panitia bergerak cepat merumuskan berbagai kegiatan, persiapan mudik, serta berkoordinasi dengan pemerintah daerah di Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam. “Program mudik HMSS Jabodetabek tahun ini memiliki rangkaian kegiatan diantaranya keberangkatan via darat dengan menggunakan mobil pribadi dan via udara pesawat terbang, buka puasa bersama,  santunan kepada anak yatim piatu kaum dhua’fa serta kegiatan halal bi halal akbar”. Rangkaian kegiatan yang sudah panitia putuskan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dikampung halaman dan mempererat silaturrahim, sahut ketua panitia PBPM 2018 Ismul Ali Denni.

Ditempat yang sama, Bendahara Panitia PBPM 2018 M Hadi Nainggolan menyampaikan nama kegiatan mudik ini sendiri memiliki arti kemajemukan masyarakat dari Aceh Singkil dan Subulussalam, “Pulang Basamo” mewakili masyarakat pesisir dan “Pulung Mekaum” untuk mewakili masyarakat hulu.

Hadi juga menambahkan bahwa panitia saat ini sedang menyiapkan “bingkisan lebaran” santunan untuk anak yatim piatu, fakir miskin dan kaum dhu’fa yang ada di Daerah Aceh Singkil dan Subulussalam. “Kita sedang menghimpun donasi dari masyarakat Singkil-Subulussalam yang ada diperantauan, kita juga mengajak para perantauan Singkil-Subulussalam dimanapun berada agar mau bersama-sama berkontribusi untuk pembangunan kampung halaman, mulai dari bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pariwisata, perikanan-kelautan, pertanian-perkebunan, membina generasi muda dan hal-hal produktif lainnya.

“Jika saja para perantauan Singkil – Subulussalam yang tersebar diseluruh Indonesia dan dunia ini bisa berkontribusi serta bersinergi dengan Pemerintah Daerah, tentu Aceh Singkil dan Subulussalam akan bisa lebih cepat menjadi daerah yang maju dan makmur. Potensi kaum perantauan itu besar, ini harus bisa dikelola dan berdayakan secara produktif untuk mendorong kemajuan kampung halaman tercinta” imbuh hadi yang juga pengusaha muda Jakarta asal Rimo tersebut.

Di tempat yang sama ketua panitia Halal Bi Halal Akbar masyarakat perantauan Aceh Singkil – Subulussalam Ahmad Hariono menambahkan, bahwa puncak rangkaian kegiatan akan di laksanakan pada hari minggu 17 Juni 2018 di Pantai Cemara Indah, Singkil Utara. Kegiatan bertujuan sebagai sarana hiburan dan informasi kepada khalak Singkil – Subulussalam bahwa kami orang perantauan memiliki silaturahmi yang baik. “Kita akan mengundang para musisi-artis daerah Aceh Singkil dan Subulussalam untuk memeriahkan Halal Bi Halal Akbar ini. Selain itu, kita juga menyiapkan doorprize dan berbagai games seru serta ada kegiatan donor darah juga, ujar Ahmad Hariono yang juga CEO Graha Inspirasi tersebut. 

Adapun rangakaian kegiatan PBPM 2018 HMSS Jabodetabek: Keberangakatan via Darat dari Jakarta 8 juni 2018, via udara-pesawat terbang dari jakarta 11 juni 2018.

Buka puasa bersama di Subulussalam selasa 12 Juni 2018 pukul 17.00 WIB – selesai, buka puasa bersama di Singkil rabu 13 Juni 2018 pukul 17.00 WIB. Penyaluran santunan anak yatim, fakir miskin dan kaum dhua’fa, kamis 14 Juni 2018 pukul 16.00 WIB – selesai di 3 Zona: Singkil, Rimo, Subulussalam. Halal Bi Halal Akbar, minggu 17 Juni 2018 (hari raya ke 3) pukul 13.00 WIB – 17.00 WIB di pantai Cemara Indah, Gosong Telaga, Singkil Utara. (ms