Harkitnas 2018 Momentum Tingkatkan Persatuan

Batubara, Mediasumut.com
Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei merupakan momentum yang tepat untuk untuk kembali meningkatkan persatuan.
Untuk itu, Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang, SH. M.Hum ingin semua elemen masyarakat menjadikan Harkitnas sebagai media untuk mempersatukan bangsa dan meningkatkan wawasan kebangsaan demi kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Untuk mempersatukan bangsa Indonesia, maka semua elemen masyarakat harus saling menghormati keanekaragaman yang ada di lingkungan. Jangan menjadikan perbedaan sebagai alasan untuk bercerai berai” Ungkap Robinson Simatupang saat menyampaikan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Rudiantara pada Peringatan Harkitnas ke 110 tahun 2018 di Lapangan sepak bola Limapuluh, Senin (21/5)
Lebih lanjut Kapolres mengajak seluruh stokeholder lainnya untuk tetap menjaga kesatuan dan persatuan, serta secara bersama-sama membangun negeri tercinta ini. Sesuai dengan tema Harkitnas tahun ini, yakni ‘Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital’ semestinya dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.
“Lidi saja tak diikat akan mudah dipatahkan. Tapi kalau disatukan tak ada yang bisa patahkan Lidi itu. Kami sadar saat ini ada banyak pihak yang berusaha merenggangkan ikatan sapu lidi itu,” katanya.
Menurutnya kebangkitan nasional sangat mustahil terwujud tanpa persatuan dan kesatuan antar anak bangsa. Kebangkitan nasional di era digital menandakan bahwa dunia digital sudah menjadi bagian besar dalam kehidupan masyarakat.
“Tak sedikit anak muda kreatif yang mencari berkah di dalamnya dan dijadikan sebagai ladang baru untuk berkarya. Bahkan ada banyak juga pengembang digital di tanah air yang dipakai dunia,” ujarnya.
Tak lupa, Kapolres juga meminta peranan masyarakat untuk menghindari konten-konten negatif kepada anak, sehingga generasi muda Indonesia bebas berkarya.
Peringatan Harkitnas tingkat Kabupaten Batubara tersebut dipimpin oleh Letda Degonsyah Sipahutar dari Yonif 126 KC dan turut diikuti ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, dan unsur Forkompimda Batubara mulai dari Danyon 126 Kala Cakti Kapten Inf Mulyo Junaidi, SE, M. Tr(Han), Kepala Kejari Limapuluh dan Sekdakab Batubara Sakti Alam Siregar.(ali)