Puluhan Beragam Merk Hp Milik Narapidana Dimusnahkan

Mediasumut.com  – Puluhan HP berbagai merk dimusnahkan jajaran Kanwil Kemenkumham Bengkulu di Lapas Kelas IIA Curup Jumat (27/4) kemarin. HP yang dimusnahkan tersebut adalah HP yang disita dari Narapidana Lapas Kelas IIA Curup saat menggelar razia beberapa waktu lalu.



Pemusnahan barang bukti HP hasil razia dari narapidana yang ada di Lapas Kelas IIA Curup tersebut dilakukan dengan cara merendamnya didalam drum yang sudah berisi air. Proses pemusnahan sendiri dilakukan oleh Kakanwil Kemenkumham Bengkulu, Ilham Djaya SH MH MPd. Pemusnahan sendiri dilakukan usai upacara hari Bhakti Pemasyarakatan tingkat Provinsi Bengkulu yang dipusatkan di Lapas Kelas IIA Curup.

Dijelaskan Ilham, kedepannya razia Hp milik narapidana di Lapas Kelas IIA Curup maupun Lapas lainnya yang ada di Bengkulu akan terus mereka galakkan. Karena menurutnya keberadaan HP tersebut menjadi salah satu pemicu masuknya barang-barang haram seperti Narkoba ke Lapas.

“Keberadaan HP di dalam Lapas ini akan terus kita lakukan razia, karena HP ini merupakan salah satu jalan masuknya barang haram seperti Narkoba,” terang Ilham.

Bahkan, Ilham juga tidak menampik bila masuknya HP hingga Narkoba ke Lapas Kelas IIA Curup karena adanya keterlibatan dari petugas, oleh karena itu ia mengungkapkan, kedepannya pihaknya akan meningkatkan pengawasan termasuk kepada pegawai Lapas sendiri.

“Kita tidak menampik ada keterlibatan oknum petugas terhadap masuknya barang-barang yang dilarang ini, terlebih lagi di pintu masuk sudah dilengkapi dengan X-ray,” papar Ilham.

Ia menegaskan, bila nanti ada petugas yang terlibat maka tindakan tegas akan menanti mereka. Hanya saja menurut Ilham bisa saja masuknya barang-barang yang dilarang tersebut karena dilempar dari luar lapas, terlebih lagi keberadaan Lapas Kelas IIA Curup berada ditengah pemukiman warga.

Tak hanya HP, Kanwil Kemenkumham Bengkulu juga akan menelusuri masuknya Narkoba khususnya jenis ganja, karena saat menggelar razia beberapa waktu lalu, selain menemukan Hp petugas juga menemukan sejumlah paket ganja kering dan alat hisab sabu.

“Untuk masalah Narkoba sudah banyak baik pegawai maupun Napi yang kita rehab, bahkan bila terbukti ada pegawai kita yang terlibat maka tidak ada tawar-menawar lagi, akan kita pecat,” tegas Ilham.

Kegiatan peringatan hari Bhakti Pemasyarakat di Lapas Kelas IIA Curup kemarin dimulai dengan kegiatan upacara, dimana sebagai inspektur upacara Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM. Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan kemampuan ketangkasan yang dimiliki petugas Lapas Kelas IIA Curup dan kemampuan bermain musik dol dari narapidana Lapas Kelas IIA Curup.(ms) 


Sumber:bengkuluexpres