Sebanyak 428 Polisi Di Sumut Akan Menjalani Pensiun

Medan,-Mediasumut.com

Kepolisian Daerah Sumatera Utara menggelar acara Purna Bhakti Polri dan Pengantar Tugas Brigadir Polri Lulusan Diktuk Bintara Polri Ta. 2018 di Aula Tribrata Polda Sumut, Senin (9/4) sekira pukul 08.00 Wib.
Dalam acara tersebut turut hadir Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Ketua Persatuan Purnawirawan Polri Daerah Sumatera Utara Irjen Pol. (Purn) Drs. Robert Aritonang  Beserta Pengurus, Irwasda,  para Pejabat Utama Polda Sumatera Utara, para Purnawirawan Polri Polda Sumut, para Kasubbagrenmin, kabagsumda jajaran Polda Sumatera Utara dan para Brigadir Lulusan Diktuk Bintara Polri Ta. 2017/2018.
Dalam sambutannya Kapolda Sumut mengatakan menyambut baik dilaksanakan kegiatan “Purna Bhakti Anggota Polri dan Pengantar Tugas Brigadir Polri Lulusan Diktuk Bintara Polri Ta. 2017/2018”, sebagai bentuk perhatian institusi kepada anggota Polri Polda sumut, untuk mengantarkan personel yang pensiun/purna tugas ke tempat pengabdian tugas yang baru di masyarakat, setelah berhasil menyelesaikan tugas dan pengabdian sebagai anggota polri, dengan cukup baik dan membanggakan.
“Masa pensiun bukanlah suatu yang harus ditakuti, tetapi sesuatu yang patut disyukuri, karena masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk mengakhiri masa pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Kepada personel Polda Sumut yang telah memasuki masa pensiun/Purna Bhakti T.A 2017 sejumlah 428 personel, Pamen 69 orang, Pama 82 orang, Brigadir 259 orang dan PNS 18 orang, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya,  atas pelaksanaan tugas sebagai Anggota Polri, dimana bapak dan ibu telah mendharma-baktikan segala pikiran dan tenaga, dan bahkan mengorbankan waktu demi melaksanakan tugas dan pengabdian kepada negara, bangsa dan masyarakat. Saya yakin, bahwa meskipun bukan sebagai anggota polisi aktif lagi, namun dengan keilmuan dan pengalaman yang dimiliki, maka bapak dan ibu masih bisa berkarya di bidang apa saja dalam pembangunan nasional, dengan mempertahankan jiwa Bhayangkara, serta menjunjung tinggi semangat disiplin, loyalitas dan nasionalisme,” ujarnya.
Kapoldasu juga berpesan agar Polisi yang memasuki massa pensiun tetap menjaga ikatan silaturahmi dan kekeluargaan, serta bekerjasama yang baik sebagai keluarga besar Polri apalagi saat ini sedang diadakan Pilkada Serentak 2018 di provinsi Sumatera Utara ini. “Kepada para Purnawirawan Polri untuk ikut berpartisipasi mensukseskan setiap tahapan Pilkada yang sedang berlangsung, diantaranya dengan menjaga nama baik Institusi Polri, memberikan teladan yang baik kepada generasi penerus polri, serta selalu menjaga anak – cucu kita agar tidak terlibat dalam narkoba, premanisme, dan perbuatan melanggar hukum lainnya.
Pada kesempatan ini juga, Polda Sumut telah mendapatkan penambahan personel lulusan Diktukba Polri T.A. 2017/2018 sejumlah 369 orang, yang terdiri dari 359 Polki dan 10 Polwan, “Kepada para Bintara remaja,selaku pimpinan Polda Sumut, saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dalam tugas yang sesungguhnya, sebagai anggota Polri Polda Sumut. Tentunya dengan kehadiran kalian, diharapkan juga akan semakin memperkuat Polda Sumut dalam memberikan Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan kepada masyarakat. Kepada para Bintara remaja, kalian dituntut untuk menjadi personel Polri yang dapat diandalkan dan sekaligus dibanggakan,sebagai sosok anggota Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya dalam pelaksanaan tugas, serta bekerja dengan hati dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,yang tulus dan ikhlas dalam melayani guna mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan Negara,” ujar Kapoldasu
Sebagai bekal para Bintara remaja Polri dalam pelaksanaan tugas kedepan, Kapoldasu menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yakni tingkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, segeralah menyesuaikan diri dengan lingkungan di wilayah kesatuan tugas, serta carilah pengalaman dari para senior, jangan berpuas diri dengan keadaan yang ada, teruslah tingkatkan kemampuan  intelektualitas dan skill sebaik mungkin, selalu semangat, tanamkan komitmen, tekad dan motivasi yang tinggi,serta bangun soliditas sebagai anggota polri, jagalah kesehatan fisik dan pola hidup sehat, jadilah tauladan di masyarakat, patuhi dan taatilah hukum dan peraturan dimanapun dan kapanpun, serta hindari segala pelanggaran, terapkan pola hidup sederhana, selalu rendah hati dan tidak sombong/arogan, santun dalam berlalu lintas, serta bijak dalam menggunakan media social, bersikaplah netral dalam Pilkada serentak 2018.
“Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada para Purna Bhakti Polri Polda Sumut yang telah menunaikan tugasnya dengan baik dan kembali berbakti kepada masyarakat dan kepada Brigadir Remaja lulusan Diktuk Bintara Polri TA. 2017-2018 selamat bertugas di Polda Sumatera Utara,  Jadilah Polisi harapan rakyat, serta kebanggaan bangsa dan Negara,” ujar Kapoldasu mengakhiri.(Tkh)