Aksi 1000 Relawan Masa Depan PMI Warnai Kegiatan HUT PMR Ke 68 PMI Sumatera Utara

Batu BaraMediasumut.comDalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-68 Palang Merah Remaja, PMI Provinsi Sumatera Utara menggelar  kegiatan Aksi 1000 Relawan Masa Depan berupa Gotong Royong, Trauma Healing,Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan pemberian Bantuan Kemanusiaan di Desa Kuta Rakyat Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sabtu Minggu (17-18/3)

Bupati Tanah Karo Tarkelin Brahmana didampingi Istri mengatakan Pemerintah Kabupaten Karo mengucapkan selamat HUT PMR Ke-68, semoga menjadi organisasi dan garda terdepan dalam misinya.

Persoalan Sinabung merupakan persoalan bersama dan diharapkan relawan yang diterjunkan dalam melaksanakan kegiatan aksi kemanusiaan tersebut tidak memasuki zona larangan yang sudah ditetapkan.

“Seluruh relawan peserta aksi diharapkan dapat beradaptasi dengan masyarakat dan ikut melakukan pembinaan terhadap korban erupsi Sinabung” harap Tarkelin.

Sementara itu Wakabid Pengembangan PMR dan Relawan PMI Provionsi Sumatera Utara Dr M. Fitri Rahmadana, SE. MSi kepada wartawan menjelaskan bahwa Aksi 1000 Relawan Masa Depan diadakan dalam rangka Memperingati HUT Palang Merah Remaja yang ke 68.dan diikuti sekitar 1.200 Anggota PMR,Pembina PMR, Pengurus/Staf PMI dan  Relawan se Sumatera Utara.

“PMR memiliki tugas yang harus dilaksanakan, dimana tugas-tugas PMR tersebut dikenal dengan Tri Bakti yang harus diketahui, dipahami dan dilaksanakan oleh semua anggota. TRI BAKTI PMR tersebut adalah: 1. Meningkatkan keterampilan hidup sehat; 2.Berkarya dan berbakti di masyarakat;3.Mempererat persahabatan nasional dan internasional. Melihat kondisi daerah terkena dampak erupsi Gunung Sinabung yang sampai saat ini masih sangat membutuhkan bantuan maka diinisiasilah kegiatan Aksi 1000 Relawan Masa Depan PMI ini” Ungkapnya.

Dia menjelaskan, PMR merupakan wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI. “Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana,” imbuhnya.

PMI menghendaki agar anggota PMR kelak menjadi manusia Indonesia yang berperikemanusiaan, berbudi luhur dan sukarela membantu sesama. Dengan dibekali ilmu pengetahuan dan keterampilan yang disesuaikan dengan jenjang usianya. “Sudah 68 tahun PMR, anggota PMR dituntut untuk terus meningkatkan kualitas ” terangnya.

PMR merupakan aset dan modal terbesar yang dimiliki PMI. Selanjutnya, melalui momentum HUT ke-68 ini hendaknya misi PMR benar-benar dijalankan dan ditegakkan.

Dengan membangun karakter sesuai dengan prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional. “Disamping itu PMR juga dituntut menanamkan jiwa sosial kemanusiaan yang hakiki berlandaskan rasa kesukarelaan.” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua PMI Tanah Karo dr Jasura Pinem secara simbolis tampak menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada Bupati Karo Tarkelin Brahmana untuk selanjutnya diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hadir pada acara tersebut, Dandim 0205/TK LetkolInf. Tofik Rizal, Kapolres Tanah Karo, dan perwakilan PMI dari kabupaten/kota lainya.(Aw)