Firman Sitorus Gelar Capping Day Jurusan Perawat Pemula


Mediasumut.com- Tebing Tinggi

SMK Swasta Kesehatan Ganda Husada Tebing Tinggi menggelar pelaksanaan Capping Day Jurusan Perawat Pemula (Angkatan IV) dan jurusan Farmasi (Angkatan I) T.A 2017/2018 di Gedung Mangampu Tua Tebing Tinggi, Rabu 24 – Januari – 2018.

Acara tersebut dihadiri Ketua Yayasan SMK Swasta Kesehatan Ganda Husada Firman Sitorus, Wakil Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Oki Doni Siregar, Kepala SMK Negeri 2 Eri Susanto, MM, mewakili Polres AKP. Gamal. L, Kepala UPT Sei Rampah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Drs. Yeddi Efendi Sipayung, M.Pd, Tokoh masyarakat Drs. H. Ibrahim Harahap, orang tua Siswa/i dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Oki Doni Siregar mengatakan, dengan telah dilaksanakannya pemasangan tutup kepala atau Capping Day berarti para pelajar sudah berkomitmen untuk benar – benar menjalankan sumpah dan janji perawat yang telah diucapkan untuk mengabdi dibidang kemanusiaan.

Selain itu, kata Oki Doni, para pelajar juga harus belajar dengan serius, agar memiliki skill atau kemampuan dan attitude atau bersikap dengan tidak memandang bulu, siapapun orangnya yang sedang menderita sakit harus dilayani dengan baik. Untuk itu, sambung Oki Doni, para pelajar harus memiliki rasa kasih sayang dan sikap kehati – hatian jika sedang melayani orang yang sedang menderita sakit,” ujar Oki Doni.

Hal tersebut ditekankan Oki Doni kepada para pelajar yang nantinya para pelajar itu telah bertugas.

Oki Doni mengingatkan,    agar perawat Laki – laki  jangan menjadi “Lesbian, Gay, Biseksua dan Transgender” (LGBT) atau berubah menjadi keperempuan – perempuanan karena berada ditengah perempuan, tapi jadilah Laki – laki yang sesungguhnya.

Sementara, Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (KUPT) Sei Rampah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Drs. Yeddi Efendi Sipayung, M.Pd mengatakan, kehadirannya pada acara Capping Day itu, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kepala UPT itu menyampaikan apresiasinya kepada pihak Yayasan dan para pelajar di acara Capping Day itu, bahkan menjadikan suatu inspirasi dan memotivasi dirinya. Beliau berharap, agar Guru – guru di SMK Swasta Kesehatan Ganda Husada itu lebih meningkatkan kemampuan atau kompetensi dibidang Keperawatan maupun dibidang Farmasi,” sebut Kepala UPT yang menaungi Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Serdang Bedagai.

Sementara itu, Kepala Yayasan SMK Swasta Kesehatan Ganda Husada Firman Sitorus mengatakan, jumlah pelajar yang di Capping Day berjumlah 181 orang, terdiri dari Perawat Pemula Angkatan Ke – IV 147 orang dan Jurusan Farmasi Angkatan I 34 orang.

Firman Sitorus berharap, dengan adanya pelaksanaan Capping Day itu, Pemerintah Kota Tebing Tinggi beserta seluruh elemen masyarakat, baik masyarakat dalam Kota setempat maupun masyarakat luar Kota terus memberikan kepercayaan dan selalu mendukung SMK Swasta Kesehatan Ganda Husada dalam mendidik para Siswa/i

Firman Sitorus menambahkan, bahwa majunya suatu Bangsa ditentukan dengan majunya dunia pendidikan. Untuk itu, Pemerintah harus lebih fokus memperhatikan dunia pendidikan, agar Sumber Daya Manusia (SDM) bisa lebih meningkat,” tegas Firman Sitorus.

“Semoga dengan telah dilaksanakannya kegiatan Capping Day, para Siswa/i dapat menjunjung tinggi sumpah Perawat dan menjaga nama baik SMK Swasta Kesehatan Ganda Husada, karena nantinya setelah selesai mengenyam pendidikan, para Siswa/i akan memberikan pelayanan yang terbaik ditengah – tengah masyarakat ketika bertugas nantinya,” kata Firman Sitorus.

Para Siswa/i yang mengenyam pendidikan di SMK Swasta Kesehatan Ganda Husada, kata Firman Sitorus, bukan hanya dari dalam Kota Tebing Tinggi saja, namun banyak yang berasal dari luar Daerah, seperti, Serdang Bedagai, Batu Bara, Simalungun, Siantar, Asahan, Medan, Aceh, Dumai, Riau, Pekan Baru, Jambi, Bengkulu, Tanah Karo, bahkan dari Jogyakarta dan ada yang sudah tamat berasal dari Kalimantan Barat. (M42)