Wartawan Ini di Tes urine Ketika di Undang Konfrensi Pers

Mediasumut.com – Sebanyak 20 wartawan yang bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kendal Rabu (27/12) siang mendadak menjalani tes urine. Awalnya wartawan diundang untuk meliput pemaparan rencana kerja BNN Kendal tahun 2018. Namun usai pemaparan wartawan dilarang meninggalkan ruangan sebelum tes urine.



20 wartawan ini kaget ketika selesai mendengarkan pemaparan Kepala  BNN Kabupaten Kendal langsung disodori surat pernyataan untuk melakukan tes urin. Kemudian satu per satu dari mereka diberi wadah kecil untuk menampung urine.

“Kita kaget. Sebab dalam undangan BNN Kendal wartawan diminta hadir dalam rangka jumpa pers akhir tahun 2017. Namun kenyataannya setelah mendengarkan pemaparan wartawan menjalani tes urine,” ujar Ketua PWI Kendal, Agus Umar.

Kepala BNN Kendal, AKBP Sharline Tjahaja Frimer Ari mengatakan, sebagai mitra BNN Kendal untuk menyebarkan informasi seputar penyalahgunaan narkotika, wartawan harus bersih dari narkotika. “Tes urine yang dilaksanakan mendadak ini sebagai bentuk pencegahan dini penyalahgunaan narkotika di kalangan wartawan. Ini langsung diketahui hasilnya dan diberitahukan kepada wartawan,” katanya.

Dari 20 wartawan yang menjalani tes urine, dinyatakan tidak ada yang mengkonsumsi narkotika. Hasil tes negatif.

Jumpa pers akhir tahun 2017 BNN Kendal sendiri memaparkan target yang akan dicapai dalam 2018 mendatang. Sosialisasi dan tes urine masih terus dilakukan termasuk memperbaiki fasilitas rehabilitasi narkoba di instansi pemerintahan. (Ms)