Akibat Hujan Satu Harian,  Kota Tebing Tinggi Tenggelam

Mediasumut.com, Tebing Tinggi-Bencana banjir kembali melanda kota Tebing Tinggi sabtu 2/12/2017,banjir kiriman dari gunung yang ada dikabupaten Simalungun ditahun ini tidak hanya kota Tebing Tinggi terkena dampak banjir,tetapi kabupaten Serdang Bedagai pun ikut terkena kebanjiran. Banjir diakibatkan hujan dari Hulu Sungai Bahbolon gunung, dengan intensitas Hujan sedang sejak kamis 30 November 2017, hingga jumat 1 Desember 2017 juga menyebabkan sebagian wilayah Kabupaten Serdang bedagai dan Tebing Tinggi  terendam banjir.DiTebing Tinggi setidaknya lima kecamatan  yang terkena banjir,untuk kecamatan rambutan yang terkena banjir,kelurahan Tanjung marulak hilir,kelurahan,Sri padang,kelurahan tanjung marulak,Kecamatan Padang Hilir kelurahan,Tambangan hulu,kelurahan tambangan, Kecamatan bajenis kelurahan pinang mancung,keluharan berohol,kecamatan Tebing tinggi kota,kelurahan mandailing,kelurahan tualang,kelurahan bandar sakti dan bandar utama.

(foto oleh mediasumut.com) 

Menurut Yus yang sehari harinya berjualan di Pasar sakti kelurahan bandar sakti kecamatan Bajenis,dampak banjir terlihat mulai jam 5 pagi ketika dia hendak berjualan seperti biasanya,melihat air terus naik kepermukaan yus pun langsung bergegas mengangkat barang dagangan nya ketempat yg lebih tinggi,dan kini yus tengah bersiap dengan kondisi dan cuaca ekstrem.

Kelurahan bejuang terdampak paling parah karena banjir sampai air diatas seng rumah warga dan membuat warga mengungsi ketempat yang lebih aman,Rabu, 29 November 2017,pukul 15:30 wib,Ada ratusan warga yang terpaksa harus mengungsikan diri nya masing masing ketempat yang lebih tinggi, Pasalnya, warga merasa takut jika banjir terus meninggi dan bisa mengancam keselamatan jiwa mereka.

(Foto oleh Irjan, Tkp,  taman Bengawan indah) 

Ketinggian air di wilayah ini mencapai 100 cm atau sebatas sedada orang dewasa. Pengungsi didominasi ibu-ibu, anak-anak, sedangkan pemuda dan bapak-bapak terlihat bergantian berjaga di rumah masing-masing.( M42)