10 Ekor Paus Terdampar Di Aceh Besar,  5 Ekor Paus di Kabarkan Terluka

Mediasumut.com  , – Aceh – Lima ekor paus yang terdampar di Desa Pantai Ujong Kareng, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Aceh, berhasil ditarik ke tengah laut. Saat ini, petugas masih berusaha mengevakuasi lima paus lagi.

“Sekarang sedang proses ditarik lagi ke laut. Mudah-mudahan berhasil. Barusan satu juga sudah ditarik mudah-mudahan tidak kembali lagi ke pinggir pantai,” kata Danramil 05/Mesjid Raya, Mayor Chb Bukhori, saat ditemui detikcom di lokasi, Senin (13/11/2017).

Puluhan petugas gabungan turun merapat ke paus. Dalam proses evakuasi tadi, rencana awal digunakan terpal biru untuk membawa paus ke tengah laut. Namun cara ini gagal. Petugas kemudian mengikat paus pada kapal dan kemudian ditarik.

Pada proses evakuasi tadi, satu ekor paus awalnya sudah akan berjalan ke arah laut. Namun setelah beberapa meter ditarik, mamalia besar tersebut kembali ke kawanannya. Kapal yang dipakai untuk menarik paus ini kemudian merapat lagi ke dekat paus-paus tersebut.

Dari sepuluh ekor paus, dua di antaranya dikabarkan terluka. Keberadaan paus tersebut saat ini berjarak sekitar 15 meter dari bibir pantai. Ikan-ikan ini dikabarkan menunggu paus yang mengalami luka.

“Saya dengar dari orang yang mengerti tentang paus, kalau ada yang terluka biasanya paus ini dibawa ke pinggir untuk menghindari predator. Setelah sembuh, biasa kembali lagi ke tengah laut,” jelas Bukhori.

“Dua ekor paus dikabarkan terluka,” ungkap Bukhori.

Proses evakuasi paus ke tengah laut ini hingga saat ini masih berlangsung. Kehadiran paus ini menjadi tontonan warga. Mereka rela berpanas-panas untuk melihat paus dari dekat. (detiknews)