Desa Mariah Padang Butuh Perhatian Pemerintah Provsu

 

 

Serdang Bedagai,mediasumut.com-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Serdang Bedagai dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Edy Gunawan yang juga selaku Ketua Partai itu meninjau secara langsung lokasi banjir yang terjadi di Desa Mariah Padang, Rabu 8/11/2017.

 

Kehadiran Edy Gunawan disambut oleh masyarakat Desa Mariah Padang sembari bertatap muka untuk mendengarkan tentang apa sebenarnya penyebab terjadinya banjir di Desa itu.

 

Kehadiran Edy Gunawan di Desa Mariah Padang yang terkena musibah banjir itu setelah adanya laporan masyarakat setempat bahwa Desa itu dilanda banjir, kemudian Ketua DPD PKS Kabupaten Serdang Bedagai itu mengambil inisiatif untuk meninjau keadaan banjir dan membawa nasi bungkus untuk dibagikan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir sembari mendengarkan penjelasan masyarakat bahwa pada awalnya banjir terjadi pada Hari Selasa 7/11/2017 sekitar pukul 14.00 WIB hingga pada Hari Rabunya banjir masih terus terjadi dan meluap ke rumah – rumah masyarakat.

 

Menurut keterangan Mawi salah seorang masyarakat dari Dusun Dua kepada Edy Gunawan menjelaskan, terjadinya musibah banjir karena turunnya hujan yang sangat deras dari Hulu sungai Kecamatan Sipispis dan menghantam tanggul hingga tanggul pecah. Mawi merasakan, dampak dari musibah banjir itu sangat mengganggu aktifitas masyarakat, khususnya dalam hal pertanian yang selalu gagal panen apabila datang musibah banjir.

 

Mawi menuturkan, ada tiga Dusun di Desa Mariah Padang yang terendam banjir diantaranya, Dusun Satu Tanah Putih, Dusun Dua Singgahan Raja Mariah Padang dan Dusun Tiga Sigambiri.

 

Selain menjelaskan persoalan Tanggul yang pecah karena hantaman banjir, Mawi juga berharap kepada Edy Gunawan selaku Anggota DPRD Kabupaten Serdang Bedagai agar bisa menyampaikan masalah banjir itu kepada Pemerintah Provinsi maupun Kepada Pemerintah Pusat agar secepatnya dilakukan Normalisasi atau pengerukan sungai dan menyampaikan terima kasih atas kehadiran serta kepedulian Edy Gunawan terhadap masyarakat Desa Mariah Padang.

 

Sementara, Edy Gunawan Anggota DPRD Kabupaten Serdang Bedagai yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) 4 meliputi Kecamatan Bandar Kalipah, Dolok Merawan, Tebing Tinggi dan Tebing Syahbandar mengatakan, banjir itu merupakan bencana alam, kemudian karena Tanggul yang tidak kuat sehingga derasnya hantaman banjir membuat Tanggul itu pecah serta berharap agar masyarakat tetap bersabar.

 

Melihat kondisi banjir itu, Edy Gunawan merasa prihatin, karena banyaknya lahan petani yang terendam banjir dan terancam gagal panen. Bukan hanya itu saja, aktifitas masyarakat sehari – haripun jadi terganggu.

 

Menanggapi hal itu, Edy Gunawan akan berupaya menyampaikan aspirasi masyarakat mengenai banjir yang terjadi di Desa Mariah Padang kepada Pemerintah Provinsi maupun kepada Pemerintah Pusat agar persolan itu bisa secepatnya diatasi dan yang terpenting harus dilakukan yaitu membuat Tanggul yang kokoh dan menormalisasi atau pengerukan sungai.

 

Edy Gunawan menuturkan, bahwa mengenai sungai, yang berwenang adalah pihak Provinsi Sumatera Utara, jadi Daerah tidak bisa berbuat banyak, kalau di tanggulangi dengan Anggaran Daerah, berarti kita melanggar aturan dan saya dari DPRD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Serdang Bedagai akan berkoordinasi dengan DPRD dari Partai PKS yang ada di Provinsi Sumatera Utara mengenai persoalan banjir di Desa Mariah Padang,” tegasnya.

 

Sementara itu, Kasi. Rehabilitasi dan Konstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serdang Bedagai Saring turut hadir bersama Danton Satgas BPBD Muhammad Asyari.(M42)