Memperingati Hari Sumpah Pemuda Dan Mengenang Sejarah Bangsa Indonesia

Mediasumut.com, –  RANTAU PARAPAT|Hari Sumpah Pemuda Sabtu ( 28/10/ 2017 ) Labuhanbatu dilaksanakan di Lapangan Ikabina Rantau Prapat, pada Kesempatan ini Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap SE,Msi, membacakan Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang menyebutkan sejarah singkat Sumpah Pemuda 89 Tahun yang lalu tepat nya tanggal ( 28/10/1928 ) Pemuda Indonesia Berani Bersatu dimana Pemuda saat itu yang berjumlah 71 Orang berkumpul di Jakarta di jalan Keramat Raya daerah Kwitang Jakarta, mereka mengikrarkan diri sebagai satu Nusa satu Bangsa satu Bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Tanah Air yang satu yaitu Tanah Air Indonesia. sungguh satu Ikrar yang sangat penting bagi perjalanan Sejarah Bangsa Indonesia sehingga 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal ( 17/08/1945 ). sejarah Pemuda yang dibacakan di Area kongres Pemuda ke 2 dihadiri Pemuda Lintas suku, Agama dan daerah yang berbeda- beda.

Dalam kesempatan ini juga Bupati H Pangonal Harahap SE, Msi mengatakan ” pernahkah Kita membayangkan bagaimana Pemuda saat itu dapat dengan mudah berkumpul dan bersatu dengan jarak yang begitu jauh dari Sabang sampai Merauke dengan Transportasi dan Komunikasi yang belum memadai, komunikasi dengan surat menyurat yang berbulan- bulan lamanya baru sampai untuk itu Para Pemuda penerus Bangsa mari sama- sama Kita meneladani langkah- langkah dan keberanian para Pemuda sehingga menorehkan Sejarah Emas buat Bangsa yang Kita cintai ini. dibandingkan dengan Era sekarang, hari ini Transportasi Umum sangat mudah dari Timur ke Barat Indonesia bisa ditempuh hanya beberapa jam saja, Komunikasi dapat Kita lakukan selama 24 jam dengan menggunakan Alat Komunikasi saja, Namun aneh nya dengan berbagai macam kemudahan saat ini justru Kita sering berselisih paham, mudah sekali memponis orang, mudah berpecah belah, saling mengutuk satu sama lain menebar fitnah dan kebencian.

Pantauan awak Media pada Hari Sumpah Pemuda tahun 2017 Labuhanbatu tampak hadir Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Kapolres Labuhanbatu, Dandim Labuhanbatu, Toga, Tomas, Ormas, Insan Pers dan Siswa/ i SLTA. Hari Sumpah Pemuda diawali dengan Penaikan Bendera Merah Putih oleh Paskibraka Kabupaten Labuhanbatu dan sebagai Pimpinan upacara Almahdi Rambe Spdi, sedangkan sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap SE,Msi, ada beberapa Kegiatan pada Hari Sumpah Pemuda tahun 2017 ini ada beberapa Kegiatan antara lain perlombaan sepeda Hias, pestifal Karnaval dll, dan yang paling menarik adalah Atraksi Polisi Cilik ( Pocil ) Polres Labuhanbatu yang Pembimbingnya adalah Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH.Sik,yang mana Pocil tersebut pada Lomba Pocil se Sumatra Utara Juara 2 dan juara 1 tingkat Kabupaten di Asahan. Kemudian Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap SE,Msi juga Menyamatkan Rompi Pemuda siaga kepada Anggota IPK. ( Asm )