PASS Bersaudara Jakarta Siap Memajukan Pariwisata Aceh Singkil Menuju Kelas Dunia

Mediasumut.com,  JAKARTA– Aceh Singkil dan Subulussalam memiliki potensi wisata yang sangat baik. Dan seharusnya dapat menjadi salah satu andalan untuk mengangkat taraf hidup masyarakat. Di era yang semakin maju semakin pula banyak cara dan strategi untuk mengangkat potensi wisata. Masing-masing daerah memiliki kekhasan atau penonjolan karakteristik alam maupun sosio kultural dan aspek lainnya. 

Untuk menjadi yang terbaik harus dibenahi dimulai dari satu persatu, dan semua harus bekerja sama, demikian ujar Ahmad Hariono Ketua Umum Pemuda Aceh Singkil Subulussalam (PASS) Bersaudara Jakarta dalam siaran persnya.

Pulau Banyak, Rawa Singkil dan Arum Jeram Lae Combih Subulusssalam diantaranya yang paling sangat potensial yang telah melirik traveller dunia.

PASS bersaudara sering kali mendengar, memperhatikan dan memprihatinkan dari sektor tersebut yang belum dapat dikembangkan secara maksimal.

Perlu rencana strategis untuk mengembangkan wisata daerah kita, untuk itu PASS Bersaudara mencoba memfasilitasi hal ini dalam sebuah Focus Group Discussion (FGD). Perlu identifikasi potensi kembali yang lebih matang, identifikasi permasalahan yang menghambat, perlu adanya komitmen kuat dari semua komponen, identifikasi dampak positif dan negatif, menyiapkan segala perangkat aturan/regulasi yang mengawal, melakukan pelatihan imbuh Ahmad Hariono yang juga CEO Graha Inspirasi tersebut.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Pelaksana FGD PASS Bersaudara Herizki Kurniawan mengatakan kegiatan ini di laksanakan oleh Pemuda Aceh Singkil Subulussalam yang di Jakarta, yang perduli terhadap pembangunan dan percepatan daerah. Adapun rangkaian kegiatan FGD ini nantinya akan menghadirkan beberapa pakar di bidangnya, tokoh masyarakat, Pemda, dan peserta dari seluruh Diaspora Aceh Singkil-Subulussalam se-Indonesia berkumpul untuk merumuskan point-point penting yang menghasilkan rekomendasi kepada Pemerintah daerah sebagai bahan pertimbangan. 

PASS Bersaudara siap melahirkan unit usaha kreatif dan menjadi pioner dalam kegiatan action plan yang di hasilkan dalam forum musyawarah mufakat tersebut. Langkah awalnya setiap peserta nantinya wajib mengirimkan gagasan (business project) dalam bentuk tulisan yang di kirim melalui e-mail panitia. Dilaksanakan mulai pukul 09:00 WIB s/d 15:00 WIB pada tgl 20 Oktober 2017 di Hotel Balairung, Jakarta.

Besar harapan panitia, Diaspora Aceh Singkil-Subulusalam banyak yang hadir dan menjadi bagian dari kesuksesan besar daerah kita tercinta, ujar Herizki yang juga fungsionaris PB HMI tersebut.

Sementara itu M Hadi Nainggolan Ketua Pembina PASS Bersaudara mengatakan kegiatan ini sangat posifit, kita terus siap mendorong dan mendukung anak-anak muda Aceh Singkil Subulussalam yang ada di perantauan untuk berkontribusi memberikan sumbang sih pemikiran demi kemajuan daerah tercinta. Bukan hanya itu kita juga siap memobilisasi para Investor agar mau berinvestasi di sektor pariwisata. Adapun materi FGD yang rencananya nanti akan dibahas adalah: 

Bisnis Model, Marketing Plan, Branding Plan, Human Capital Empowering, Regulasi, Execution Strategic, Investments dan hal berkembang lainnya yang dinggap penting. Aceh Singkil dan Subulussalam kedepannya harus memiliki Destinasi Wisata Kelas Dunia, tutur pria yang juga pengusaha muda di Jakarta tersebut. (ms)