Anggota SBSI  Tuntut Bayar Pesangon Yang DI PHK

Mediasumut.com | TAPTENG | – Ratusan anggota Serikat Buruh Seluruh Indonesi (SBSI) menggelar aksi, Selasa (19/9) di depan area PT PAS, PT SPA, dan PT NBC, Pondok Batu, Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut).

Dalam aksi itu ratusan buruh meminta kepada pemilik perusahaan agar memberikan gaji, pesangon dan hak-hak karyawan lainnya yang telah diberhentikan secara tidak wajar.

Ketua SBSI Sibolga dan Tapanuli Tengah Binsar Tambunan dalam orasinya menyampaikan, mereka ingin meminta haknya selama dipekerjakan di perusahaan tersebut.

“Dimana PT PAS merupakan perusahaan besar yang ada di Tapanuli Tengah, export ikan ke luar daerah hingga sampai ke luar negeri. Tetapi keringat buruh ditelannya, PT apa itu sampai memakan gaji anggotanya”. sebut Binsar dalam orasinya.

Lanjutnya, jika permasalahan ini tidak bisa diselesaikan oleh ketiga perusahaan itu, maka pihaknya akan mengadu ke Gubernur Sumatera Utara.

“Kami pastikan akan terus menggelar aksi demo ke kantor Gubernur Sumatera Utara,” ketusnya.

Beberapa orang dalam aksi itu terlihat membawa spanduk yang bertuliskan “Bayar pesangon 28 orang buruh PT PAS yang di PHK, bayar pesangon 4 orang buruh PT SPA yang di PHK, naikkan upah di PT SPA, buruh tidak didaftar ke BPJS, dipaksa bekerja di hari libur nasional, bayar pesangon 2 orang buruh di PT NBC”. tandasnya.(*ms)