Pengungsi Sinabung Nasibnya belum jelas

Mediasumut.com  | KARO | – Adanya aksi demo oleh ribuan warga pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung ,Senin (11/9) sekira jam 09:00 wib yang terdiri dari empat desa yakni Desa Sukanalu Teran,Sigarang-garang, Kutagugung Kecamatan Naman Teran dan Desa Mardinding Kecamatan Tiganderket ke kantor DPRD Karo dan kantor Bupati Karo Jalan Let Jen Jamin Ginting untuk menuntut nasib mereka.

Adapun tuntutan dari warga pengungsi yang sudah tujuh tahun berada di Posko pengungsian,tak lain hanya meminta penjelasan kepastian akan nasib mereka selama ini sepertinya terombang ambing karena belum ada kepastian kepada mereka sama sekali .Bahkan pengungsi menuding Pemkab Karo lamban menanganinya serta mengabaikan mereka selama ini dan sepertinya mereka merasa dianak tirikan.

Disela-sela aksi demo tersebut,Pemkab Karo langsung melakukan mediasi dengan pengungsi ,maka diadakan rapat di Hotel Sibayak Berastagi dengan Bupati Karo Terkelin Berahmana,SH,wakil Bupati Karo Cory.s.Sebayang,Dandim 0205/TK let Kol Inf Agustatius Sitepu,Sos,Msi Kalak BPBD Karo Ir Martin Sitepu serta perwakilan BPBD Sumut dan perwakilan Kepala Desa serta masyarakat desa masing-masing.

Dari hasil rapat tersebut belum ada keputusan,hanya saja kita tetap menunggu hasil keputusan dari BNPB Pusat. Hal tersebut dikatakan Kepala Desa didampingi perwakilan warga kepada wartawan Selasa (12/9) sekira jam 15;00 wib,bahwa isi dari hasil rapat tersebut melum ada keputusan sama sekali dan harus menunggu keputusan dari BNPB Pusat.

Disambungnya lagi,pada bulan Oktober 2017 ini masalah pengungsi harus selesai dan programnya juga sudah di buat oleh BNPB Pusat “kata mereka menirukan pembicaraan dalam rapat tersebut.

Karena belum ada kesimpulan sepenuhnya ,maka mereka sepakat untuk berangkat ke Jakarta pada hari ini,Rabu (13/9) yang diwakili dua orang perwakilan dari desa masing-masing guna menindak lanjuti keluhan pengungsi ke BNPB Pusat dan bila perlu langsung ke Istana Negara,jelas mereka lagi.

Harapan kami masyarakat warga pengungsi yang menjadi korban erupsi Gunung Sinabung agar permasalahan ini jangan sempat berlarut-larut “kami sudah bosan tinggal dipengungsi dan kami paparkan nantinya kepada BNPB Pusat masalah yang kami hadapi ,apakah kami bukan warga Negara Indonesia maka nasib kami hingga saat ini belum jelas”Ujar mereka.

Pantoan wartawan di depan Kantor Bupati Karo Jalan Let Jen Jamin Ginting Kabanjahe,Senin (11/9) hingga jam 21:00 wib pengungsi masih tetap bertahan di lokasi dan memasak nasi di pinggir jalan untuk makan malam bersama sambil menunggu keputusan dari perwakilan yang ikut rapat ke Hotel sibayak.  (*ms)