Pemkab Tapteng Jalin Kerjasama Dengan UMSU Bidang Pendidikan

Mediasumut.com  | TAPTENG | – Keberhasilan Visi dan Misi Kepala Daerah akan terlaksana atau sejalan dengan masyarakat, dan bila ditopang pemikiran dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng) menjalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dibidang pendidikan dan penelitian benda-benda langit termasuk melihat Hilal.

Kerjasama dibidang pendidikan ini khususnya bagi ASN di Pemkab Tapteng yang akan melanjutkan study Pasca Sarjana di UMSU.

Rencana kerjasama ini dibahas Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul dengan Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang datang beserta rombongan, Selasa (22/8) diruang kerja Bupati Tapteng, di Pandan.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapteng Bakhtiar mengaku cukup bangga atas kepercayaan UMSU menjadikan Tapteng tempat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan. Bupati berharap kiranya kerjasama tersebut secepatnya dapat terlaksana.

“Mungkin dua minggu ini sudah bisa kita lakukan penandatanganan MoU. Karena masukan dari perguruan tinggi terhadap visi misi kami selaku bupati dan wakil bupati sangat kami harapkan. Kami sangat bersyukur atas kehadiran dan rencana baik dari UMSU ke Tapanuli Tengah, ditambah lagi saya sebagai kader dari Muhammadiyah. Demikian juga dibidang pendidikan Pasca Sarjana ASN Pemkab Tapteng, kami sangat setuju, hanya saja perlu dilakukan kajian-kajian, sehingga tidak menyalahi aturan yang berlaku. Karena peningkatan pendidikan ASN Pemkab Tapteng perlu diperhatikan”. kata Bupati.

“Saya sebagai Bupati Tapteng yang juga kader Muhammadiyah berharap pimpinan Pusat Muhammadiyah mau membangun Universitas di Tapanuli Tengah. Kedepan ini mudah-mudahan bisa terwujud agar warga Tapteng dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh untuk kuliah ke luar daerah,” tandas Bakhtiar.

Sebelumnya, Rektor UMSU, DR. Agussani didampingi DR. Rudianto selaku Wakil Rektor menjelaskan, tentang peluang pendidikan S2 bagi ASN Pemkab Tapteng. Selain itu, pihak UMSU sudah melakukan penelitian di Kabupaten Tapanuli Tengah terkait benda-benda lagi termasuk melihat Hilal.

“Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari penelitian, pengajaran, dan pengadian kepada masyarakat. Dan bagian hari ini kami bisa menunjukkan aksi dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah. Kami menyadari perguruan tinggi tidak dapat dipisahkan dari pada pemerintah daerah. Untuk itulah kami dari UMSU berdiskusi dengan Bupati Tapteng terkait bidang pendidikan dan penelitian itu. Hasilnya nanti akan dituangkan dalam bentuk kerjasama atau MoU”. kata Agussani.

Menurut DR. Agussani, keberhasilan visi misi dari kepala daerah akan terlaksana atau sejalan dengan masyarakat, bila ditopang pemikiran dari perguruan tinggi. Rektor UMSU ini menyatakan bersedia membantu dan mendukung visi misi Pemkab Tapteng.

“Kami dari UMSU siap untuk menopang dan mendukung visi misi dari pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dibawah kepemimpinan pak Bakhtiar dan Darwin Sitompul”. tandasya.(*ms)