Keramaian Pesta Kopi di Museum Perkebunan

Mediasumut.com,  |Medan| – Ratusan warga yang berasal dari Kota Medan dan sekitarnya memadati bazar kopi di Museum Perkebunan Indonesia, Jalan Brigjen Katamso, Medan. Pagelaran bertema Pesta Kopi Mandiri ini berlangsung selama dua hari, 19-20 Agustus 2017.

Rastri, panitia penyelenggara mengatakan, sebanyak 24 stand kopi serta food and beverage dari berbagai merek memeriahkan bazar ini.

Selain bazar, lanjutnya, kegiatan ini juga menggelar kompetisi menyeduh kopi secara manual dengan sebuah alat yang dirangkai dengan kegiatan lainnya seperti pemutaran film, musik dan sebagainya.

“Tujuan digelarnya kegiatan ini tak lain agar masyarakat, khususnya di Medan lebih mengenal dan menambah wawasan tentang berbagai jenis minuman kopi,” kata Rastri saat dikonfirmasi mediasumut.com, Minggu (20/8).

Rastri menjelaskan, selama dua hari penyelenggaraan bazar, pihaknya menargetkan sebanyak 5.000 pengunjung.

“Dan pada hari pertama kemarin sudah lebih dari separuh dari target yang berkunjung. Jenis minuman kopi yang paling banyak diminati pengunjung adalah espresso dan manual brew coffee,” terangnya.

Lomba menyeduh kopi di Kota MedanLomba menyeduh kopi di Kota Medan

Lebih lanjut dia mengatakan, Medan menjadi kota keempat digelarnya bazar kopi setelah Yogyakarta, Jakarta dan Surabaya. Sebanyak 56 barista tampil dalam kompetisi menyeduh kopi manual di Kota Medan.

“Kuota peserta kompetisi seharusnya 81 orang, namun di Medan hanya diikuti 56 orang. Mereka yang menang akan mengikuti babak putaran final di Jakarta pada 8-10 September mendatang,” tandasnya.

Putri, salah seorang pengunjung bazar mengaku datang untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang kopi.

“Saya datang bersama adik untuk mendalami tentang minuman kopi karena saya dan adik berencana ingin membuat kedai kopi,” ucapnya.

(ms)