Gila’… 72 Tahun Indonesia Merdeka Harga Semen Rp 2 Juta/zak, Air Mineral di Puncak Papua Rp 50.000/Botol’

Mediasumut.com | Jakarta | – Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprioritaskan pembangunan Papua menjadi lebih maju, khususnya infrastruktur. Saat ini, seperti di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, harga semen mencapai Rp 2 juta/zak, dan air minum kemasan Rp 50.000/botol.

“Saya sudah ke sana (Kabupaten Puncak Jaya), tidak cuma semen yang harganya Rp 1,9 juta/zak, tapi ini Aqua harganya di sana Rp 50.000/botol,” ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, di acara diskusi Infrastruktur ‘Membongkar Sumbatan Perekonomian Indonesia’, di Mal FX, Jakarta, Sabtu.

Basuki mengungkapkan, satu kunci agar harga kebutuhan pokok di Papua khususnya Puncak Jaya murah, yakni dibangunnya jalan untuk logistik dari Grasberg-Ilaga, yang panjangnya sekitar 70 km.

“Tapi jalan Grasberg-Ilaga baru bisa dibangun, kalau Freeport mengizinkan jalan Timika-Grasberg bisa dilewati kendaraan logistik,” ungkapnya.

Pasalnya, jalan yang dibangun Freeport Indonesia yakni Timika-Grasberg tidak dibuka untuk umum, alasannya karena faktor keamanan.

“Tapi saya sudah minta ke mereka (Freeport), Timika-Grasberg boleh dilewati kendaraan logistik, selanjutnya pemerintah bangun Grasberg-Ilaga. Sehingga barang kebutuhan di Puncak Jaya bisa murah. Karena selama ini mau angkut semen harus pakai pesawat,” tutupnya. (*ms)