Dinas Parwisata Tapteng Bina Pokdarwis

Mediasumut.com | Tapteng | – Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani hadir di acara Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Kamis (10/8) pada pembinaan dan pengembangan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), di Ballroom PIA Hotel di Pandan.

Dalam acara Pokdarwis, Bupati Bakhtiar memaparkan parwisata merupakan sektor yang sangat strtegis dalam meningkatkan pendapatan masyarakat yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan.“Sebagaimana setiap pengunjung akan meninggalkan uangnya selama berada di Tapteng, tentu dengan uang yang dibelanjakan memiliki multi efek kepada pendapatan masyarakat yang berpengaruh hingga pada PAD yang semakin meningkat”. papar Bupati.

Selanjutnya Bupati meminta kelompok sadar wisata Kabupaten Tapteng, agar berperan aktif dalam mensosialisasikan sadar wisata kepada masyarakat luas.“Pemerintah saat ini sedang giat-giatnya mendukung dan membangun kepariwisataan di wilayah Kabupaten Tapteng. Untuk menciptakan sapta pesona”. kata Bakhtiar.

Masih menurut Bupati, Satpol PP sebagai penegak Perda bersama Forkopimda telah membongkar warung kitik-kitik yang selama ini menyimpan suasana penyakit masyarakat. “Untuk itu diminta kepada masyarakat khususnya Pordakwis agar berperan aktif mensosialisasikan Sadar Wisata kepada masyarakat di lokasi objek wisata di daerah masing-masing”. imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengingatkan agar masyarakat, jangan menjajakan tarif harga jajanan yang melambung tinggi, sehingga membuat pengunjung atau wisatawan jera datang ke Tapteng. “Selain itu, para pedagang harus bersikap ramah, sopan dan santun kepada para wisatawan”. katanya.


Bupati juga menghimbau dijajaran Dinas Pariwisata Pemkab Tapteng harus berperan extra produktif, sehingga dapat mengoptimalkan kinerja kelompok sadar wisata. “Demi terlaksananya percepatan pembangunan dengan baik parwisata, harus didukung extra produktif dinas parwisata”. tandas Bupati.(*ms)