Ditinggal Pergi Kesawah, 2 Rumah Di Hutabalang Tapteng Habis Dilalap Sijago Merah

Mediasumut.com  | Tapteng | – Warga sontak ramai di Lingkungan IV, Kelurahan Hutabalang, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dengan menggunakan alat seadanya untuk mematikan sijago merah yang menghanguskan dua rumah, Selasa kemarin sekira pukul 10, 30 wib.

Menurut informasi yang diperoleh Monalisa, kedua korban rumahnya terbakar, Jeper Bondar (50), petani, dan Rusti Br Hutagalung (43) petani, Api pertama kali terlihat dari rumah Jeper Bondar. Saat itu Jeper sedang kesawah, rumahnya ditinggal kosong. tidak berapa lama api merambat ke rumah tetangganya yang dihuni Rusti Br Hutagalung.

Binsar Berutu (52) dan Derman Hutagalung (43) warga sekitar menuturkan, saat itu dia melintas dari depan rumah yang terbakar. Peristiwa kebakaran itu terjadi pagi, sekira pukul 10.00 WIB saat melihat api telah menyala di dalam rumah yang dihuni Jeper Bondar.

“Spontan kami berteriak meminta tolong kepada warga sekitar untuk memadamkan kobaran api. Dengan menggunakan alat seadanya, kami berupaya sedaya mampu, tetapi tenaga kami tidak seimbang dengan besarnya kobaran api.”. sebut Binsar Berutu.

Hal tersebut dibenarkan Derman Hutagalung, seraya mengatakan, tidak berapa lama mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Tapteng tiba ditempat kejadian untuk memadamkaan api dibantu warga srkitar, sehingga api berhasil dipadamkan .

Kapolres Tapteng, melalui Kapolsek Pinang Sori AKP L Siregar mengatakan, peristiwa kebakaran yang mehanguskan seluruh bangunan dan seluruh isi rumah milik Midi Marbun (68) itu tidak ada yang tersisa. Dan tidak ada korban jiwa.

“Rumah itu berukuran sekitar 6 x 6 meter, atap seng, dinding papan dan lantai semen. Meski tidak ada korban jiwa, namun seluruh peralatan rumah tangga, televisi, surat surat berharga, pakaian, beras dan lainnya habis terbakar. Diperkirakan kerugian materi sekira Rp 120 juta dalam peristiwa”. kata AKP L Siregar. seraya mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan peristiwa itu. Sementara api diduga dipicu oleh korsleting listrik.  (*ms)