Cair!..Bantuan sosial PKH ( Program Keluarga Harapan) tahun 2017

Mediasumut.com | Siantar | – Penyaluran bantuan sosial PKH ( Program Keluarga Harapan) tahun 2017 untuk kabupaten simalungun telah mulai dilaksanakan pada hari kamis,(3/8/2017). Penyaluran pertama dilaksanakan di Kecamatan Siantar,Penyerahan secara simbolis bantuan non tunai PKH Kecamatan Siantar tersebut dilaksanakan di Gedung MUI Jalan Asahan Simalungun Sumatera Utara. Selanjutnya akan menyusul kecamatan yang lain dan ditargetkan sebelum tanggal 17 agustus 2017 seluruh 31 kecamatan telah  selesai dilaksanakan.

Kadis Sosial Simalungun Frans N.E. Togatorop, SP. MSi
Penerima PKH Agar menanamkan motivasi dan citacita tinggi kepada anak untuk berusaha maju dan mandiri

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Simalungun Frans N.E. Togatorop, SP. MSi,menjelaskan, Untuk kecamatan Siantar ada sebanyak 582 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dari 17.000 lebih KPM yang terdaftar di kabupaten Simalungun. Penyaluran dana bansos PKH ini dilakukan pembayaran untuk tahap I dan tahap II sekaligus tiap KPM menerima uang tunai sebesar Rp. 1.000.000 per KPM.”Penyerahan secara simbolis bantuan non tunai PKH di Gedung MUI Jalan Asahan Simalungun Sumatera Utara ,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan,Pada tahun 2016  lalu penyaluran dana ini dilaksanakan oleh PT. POS namun untuk tahun ini dilaksanakan oleh Bank Mandiri dan telah menggunakan sistem baru yaitu dengan menggesek kartu (menggunakan mesin EDC).Namun dalam penyaluran ini terjadi sedikit kendala yaitu masalah lambatnya koneksi jaringan sehingga penggunaan mesin EDC tidak maksimal.

“ Keterlambatan ini karena lambatnya koneksi jaringan,Namun pihak Bank Mandiri dan Dinas Sosial kab. Simalungun telah menyepakati solusi agar penyaluran hari ini bisa tuntas. hingga sore tadi masih ramai dan diperkirakan akan selesai malam hari  ini,” Terangnya.

Frans berharap kepada para penerima bantuan sosial PKH ini agar dapat benar benar memanfaatkan dana ini untuk kebutuhan yang sangat penting misalnya biaya pendidikan anak. Dan kebutuhan pokok yang utama lainnya. Sehingga program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

” Kepada penerima bantuan sosial non tunai PKH kita berharap agar menanamkan motivasi dan cita-cita yang tinggi kepada anak untuk terus berusaha maju dan mandiri.Sebab kedepan penerima bantuan sosial non tunai PKH tidak tergantung bantuan yang sifatnya hanya sementara,” tegasnya Kadis Sosial Pemkab Simalungun ini.

Kementerian Sosial menargetkan penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) mencapai 7 juta keluarga pada 2018. Jumlah ini bertambah dari 6 juta keluarga pada 2016 dengan anggaran Rp3,1 triliun.

Hadir pada penyerahan perdana PKH,pimpinan Bank Mandiri bapak siagian dan bapak Ade, Staf Dinas Sosial Kab. Simalungun, Camat Siantar, Simson Tambunan, S.STP, Kabid Banjamsos Dinsos, Yudhayanti, para Koordinator, operator dan pendamping PKH.(ms)