Nikson Nababan resmi mendaftar ke DPC Partai Golkar Kabupaten Tapanuli Utara.

Mediasumut.com  | TAPUT |– Bupati Tapanuli Utara (Taput) saat ini Nikson Nababan mendaftar ke Partai Golkar, untuk diusung sebagai calon bupati (cabup) pada Pilkada Taput 2018 mendatang.“Kami senang, meskipun ada kesibukan bapak sebagai Bupati Taput, namun masih menyempatkan diri untuk mendaftar langsung ke Partai Golkar pada hari ini,” kata Ronal Simanjuntak menerima pendaftaran tersebut. Selasa (1/8/2017)  di kantor DPD II Partai Golkar Taput Jalan Raja Johannes Hutabarat, Tarutung Tapanuli Utara Sumatera Utara.

Ronal menjelaskan, dalam pemilihan kepala daerah, Partai Golkar telah berkomitmen mendukung calon yang mempunyai elektabilitas paling tinggi di mata masyarakat.“Jadi, bukan jaminan bagi kami harus mendukung kader. Namun siapa yang paling tinggi elektabilitasnya, itulah yang akan diusung  Golkar ,” paparnya.

Ronal menyebutkan,pihaknya dari Partai Golkar menyambut baik pendaftaran tersebut,sinkronisasi antara PDIP dan Golkar terjalin dengan baik dan semua itu demi pembangunan  yang ada di Tapanuli Utara,’ ujarnya.
Sementara, usai menerima penjelasan dari panitia penjaringan Cabup-Cawabup Golkar, Nikson Nababan yang ditemani sejumlah pengurus DPC PDI Perjuangan Taput langsung menyerahkan formulir pendaftaranya.Tidak banyak yang disampaikan Nikson dalam kesempatan tersebut, karena harus mengikuti sejumlah agenda lainnya.

“Kami menyampaikan terima kasih telah diterima pendaftaran saya sebagai cabup.Perlu kami sampaikan, adanya komitmen  yang tidak harus mengusung kadernya, namun akan mengusung siapa calon yang mempunyai elektabilitas yang paling tinggi sangat kami apresiasi,” katanya.

Usai menyerahkan formulir dan menandatangani berita acara pendaftaran, Nikson Nababan dan pengurus DPC PDI Perjuangan Taput berfoto bersama dengan panitia penjaringan Cabup-Cawabup  Golkar Taput.

Untuk diketahui, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, untuk dapat mencalonkan sebagai Cabup-Cawabup harus mendapat dukungan minimal 20 persen kursi di DPRD setempat. Jika DPRD Taput ada 35 kursi DPRD,  maka pasangan calon bupati-wakil bupati harus didukung minimal 7 kursi di DPRD Taput.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nikson Nababan yang juga sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Taput telah mendaftar diusung sebagai cabup ke Partai PDI Perjuangan yang mempunyai 6 kursi di DPRD Taput, PAN yang memiliki 4 kursi di DPRD. Dan terakhir, ke Partai NasDem yang memiliki 5 kursi di DPRD.(ms)