Bupati Tapteng Kukuhkan 246 Siswa/i SMPS Al-Muslimin Pandan,  ada apa kira kira? 

Mediasumut.com | Tapteng |- Untuk memberikan kesempatan bagi keluarga kurang mampu menyekolahkan anaknya ke jenjang lebih tunggi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng) akan men-subsidi biaya sekolah siswa siswi SMPS Al-Muslimin Pandan putra/i Tapteng yang ber-prestasi.

Untuk itu, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, didampingi Ketua Pembinan Yayasan, Panusunan Pasaribu, Ramlan Husein, Ketua DPRD Tapteng yang diwakili Petricius M Rajagukguk, dan yang mewakili Kapolres Tapteng, Kompol TR Gea, meminta Yayasan SMP Swasta Al- Muslimin Pandan mempersiapkan kuota tamatan Sekolah Dasar (SD) di Tapteng untuk mengenyam pendidikan di Sekolah itu.

“Seperti yang sudah kita lakukan di SMAN Matauli Pandan, Pemkab Tapteng mensubsidi biaya sekolah anak Tapteng yang berprestasi”. kata Bupati Bakhtiar, dalam sambutannya pada acara mengukuhkan 246 siswa/i SMP Swasta Al muslimin Pandan, kelas VII angkatan XIX Tahun Pendidikan 2017-2018, Sabtu (29/7) di Aula Gyimnasium  SMA Matauli Pandan.

Selanjutnya Bupati Bakhtiar mengharapkan para orang tua siswa siswi SMPS Al- Muslimin agar meng-ikhlaskan putra/i-nya mengenyam pendidikan disekolah itu. “Kita yakin, para tenaga guru di SMP Al-Muslimin ini adalah orang yang memiliki Ilmu pengetahuan yang bagus dan orang yang ber-taqwa”. katanya.

Bupati berjanji, Pemkab Tapteng akan membantu biaya sekolah siswa siswi yang berprestasi. Dan tidak membayar biaya bersekolah di SMPS Al-Muslimin. “Pemkab Tapteng akan menanggung biaya sekolah anak anak yang berprestasi dari keluarga kurang mampu. Sehingga anak anak dari keluarga kurang mampu akan dapat mengenyam pendidikan mewujudkan  cita-citanya  menjadi generasi penerus bangsa”. papar Bakhtiar.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Tapteng meminta kepala sekolah SMPS Al-Muslimin Pandan, agar menyampaikan kepada Bupati yang dibutuhkan untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah itu yang boleh dibantu pemerintah. Bakhtiar mencontohkan di SMAN Matauli Pandan, Pemkab Tapteng telah menganggarkan sekitar Rp1,2 miliar setiap tahunnya, untuk putra/i Tapteng yang berpestasi. “Tujuannya, orang tua kurang mampu dari anak didik yang berprestasi itu tidak dibebani lagi biaya sekolah. Sehingga anak Tapteng bisa melanjutkan sekolahnya jejenjang lebih tinggi”. ujar Baktiar.

Bupati Bakhtiar pada kesempatan itu agar di SMPS Al-Muslimin juga disediakan kelas bagi anak-anak Tapteng yang berprestasi, namun tidak punya biaya. “Apalagi sekolah ini swasta tentu butuh biaya. Kami dari Pemkab siap untuk menampung dananya”. tegas Bupati, disambut tepuk tangan para orangtua murid.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMP Swasta Almuslimin Pandan, Siti Nuraisyah dalam laporannya dikatakan, Pendaftaran Siswa SMPS Al-Muslimin Pandan Angkatan XIX Tahun Ajaran  2017/2018 kelas VII sebanyak 246 orang. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 17 juli yang lalu.

Seleksi dilaksanakan tiga gelombang jumlah pelamar sebanyak 738 orang yang diterima 246, atau 31,17 persen dari jumlah pelamar. Dan  siswa terjauh berasal dari Makasar Sulawesi selatan. “Yayasan Almuslimin Pandan setiap tahunnya menyediakan beasiswa sebanyak 70 orang bagi siswa yang tidak mampu”. kata kepala sekolah.(ms)