Badai Kencang & Ombak Besar Melanda Pantai Barat Sumut Di Tapteng

52 Pelajar Pramuka Terjebak di Labuan Nansonang, Berhasil Dievakuasi Tim Sar Pol Air & Nelayan















Mediasumut.com  | Tapteng |- Badai (angin kencang) melanda perairan Pantai Barat Sumatera Utara (Sumut), membuat ombak besar di laut Teluk Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Minggu (30/7) mulai sore sekitar pukul 15,00wib hingga malam hari.

Sebanyak 52 pelajar Pramuka dari salah satu SLTA di Pandan Tapteng sedang melakukan kegiatan Tracking menelusuri perbukitan pantai labuan nasonang, mereka terjebak di lokasi wisata, Labuan Nansonang, kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik Tapteng. Akhirnya berhasil di evakuasi, Minggu (30/7) malam.

Menurut informasi, 52 pelajar pramuka dan seorang guru pendamping tersebut sedang melakukan kegiatan trackingmenyusuri pantai di Labuan Nansonang, saat tiba-tiba badai dan ombak menerjang. Rombongan tersebut akhirnya terjebak.

Evakuasi pertama berhasil dilakukan setelah para pelajar tersebut meminta tolong kepada nelayan yang sedang melintas. Sebanyak 27 pelajar dalam evakuasi tersebut berhasil dibawa, sementara lainnya masih terjebak.

Angin kencang dan ombak besar menyebabkan proses evakuasi selanjutnya mengalami kendala. Personil SAR dan Pol Air sempat menepi di pulau Poncan Ketek kawasan teluk Tapian Nauli Pantai Barat Sumut, sebelum akhirnya berhasil ke lokasi dan mengevakuasi para korban.

“Yang barusan di evakuasi ada 25 pelajar lagi, sekarang sudah dibawa ke Tempat Pelelangan Ikan di Pondok Batu”. ujar Humas POS SAR Sibolga, M Abdu Hasibuan.

Dikatakan, sebagian dari para korban sempat mengalami pingsan diduga karena keletihan dan kedinginan. Saat ini perawatan medis kepada para korban masih terus dilakukan. Sementara para orangtua dan keraban korban sudah mulai berdatangan.

“Beberapa ada yang pingsan, ada juga yang sempat kerasukan tadi, tidak ada korban jiwa”. tandas Abdu.(ms)