Halal Bi Halal Putra / i Asal Tapteng Di Jakarta

Mediasumut.com  | Jakarta | – Untuk percepatan pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) di sektor Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Perikanan, Akses Jalan, dan Parwisata. Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan wakilnya Darwin Sitompul berharap para perantau asal Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapteng khususnya, Wilayah Tapteng umumnya yang ada di Jabodetabek dan Bandung, dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi laju pembangunan di kampung halaman.

Bupati Bakhtiar tidak menyinyiakan kesempatan pada acara halal bi halal masyarakat perantau asal Sorkam Kabupaten Tapteng dan sekitarnya di wilayah Jabodetabek dan Bandung itu, Minggu (23/7) yang digelar oleh Yayasan Pembangunan Masyarakat Sorkam (Yapemas) di Gedung Angkasa Pura 1, Kemayoran Jakarta Pusat.

Bakhtiar meng-apresiasi kekompakan dan kebersamaan putra putri asal Sorkam dan Tapteng yang ada di ibukota Jakarta, Jabodetabek dan Bandung menjadi contoh yang baik untuk perantau lainnya asal Tapteng.

“Saya mengapresiasi kekompakan dan rasa kebersamaan yang dimiliki putra putri asal Tapteng yang ada di ibu kota Jakarta, Jabodetabek, dan Bandung. ini menjadi contoh yang baik bagi putra putri Tapteng lainnya yang ada diperantauan untuk menjalin silaturahmi baik suka, maupun duka. Serta kehidupan sosial sehingga terjalin hubungan kekeluargaan yang erat”. kata Bakhtiar.

Pada kesempatan itu, Bupati juga tidak lupa menyampaikan pada acara halal bi halal yang mengusung tema “Berkumpul, Bersaudara dan Bermanfaat”. yang dihadiri tokoh nasional asal Tapteng, Akbar Tanjung, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, serta sejumlah pimpinan SKPD/OPD Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga. Bupati dan wakilnya telah menjalin kerjasama dengan Pemprovsu untuk percepatan pembangunan di Tapteng.

Hasilnya, kata Bupati Bakhtiar, pada minggu yang lalu Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Tengku Erry Nuradi telah menyerahkan bantuan sebesar Rp 14 milyar berupa bibit padi, pupuk, obat-obatan dan alat sitem pertanian. Serta sepeda motor kepada petugas atau pendamping progaram keluarga harapan untuk wilayah Tapteng.

Bupati Bahtiar juga menyampaikan. Masyarakat saat itu meminta kepada Gubernur agar memprioritaskan anggaran pembangunan jembatan permanen yang menghubungkan pusat kecamatan Barus dengan Desa Kampung Mudik, dan Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Andam Dewi.

Masih kata Bupati, Gubernur Sumut juga saat itu menaburkan bibit ikan sebanyak 20.000 ekor di waduk Sutan Alamsyah Budin Batubara di Kecamatan Sorkam. Waduk itu juga berfungsi mengairi persawahan seluas 2.500 ha. “Waduk ini juga akan dijadikan sebagai tujuan wisata, tahun depan mulai penataannya. Kita sediakan kereta air, bangun warung makan, sehingga waduk ini mempunyai daya tarik tersendiri, dan akan bermanfaat meningkatkan penghasilan warga sekitar”. kata Bakhtiar.

Dihadapan perantau asal Tapteng itu, Bupati Tapteng juga memaparkan berbagai program pembangunan vital. Diantaranya penataan pusat ibu kota Tapteng di Pandan. “Kita akan membangun di kawasan Tugu Titik Nol Kilometer Islam di Nusantara di Barus, yang telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, bulan yang lalu, serta beragam pembangunan melalui dana desa dan sektor keagamaan, sosial, pendidikan, kesehatan, juga perikanan dan kelautan yang sudah dan akan kita laksanakan”. Tandasnya. (ms)