Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Simalungun John Damanik saat menandatangani belangko akta lahir yang telah selesai dicetak

Mediasumut.com  | Siantar | – Kependudukan sebenarnya merupakan basis utama dan fokus dari segala persoalan pembangunan. Hampir kegiatan pembangunan baik yang bersifat sektoral maupun lintas sektor terarah dan terkait dengan penduduk, atau dengan kata lain penduduk harus menjadi subyek sekaligus objek pembangunan. Kualitas penduduk yang baik akan melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang baik pula.

Sebagaimana diketahui bahwa kinerja pelayanan masyarakat di bidang administrasi kependudukan terutama pelayanan yang menyentuh masyarakat seperti pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan Keluarga, Akte Kelahiran, dan lain-lain, dewasa ini belum memuaskan. Masih kurangnya kinerja pelayanan masyarakat tersebut dampaknya sangat besar terutama terhadap bidang sosial dan ekonomi.

Untuk memenuhi capaian tersebut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Simalungun melaksanakan kegiatan pelayanan administrasi kependudukan di Balai Desa Kantor Kepala Nagori Rambung Merah Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun Samatera Utara Jumat (27/7/2017).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Simalungun John Damanik mengimbau masyarakat Kecamatan Siantar untuk pro aktif mengurus sejumlah administrasi kependudukan. “Selama ini saya lihat, masih banyak warga terutama yang tinggalnya di pedalaman atau jauh dari pusat perkotaan terkesan enggan mengurus administrasi kependudukan,” ujarnya

Menurutnya salah satu alasan yang membuat masih banyak warga enggan mengurus administrasi kependudukan karena jarak tempuh yang jauh dari tempat tinggal warga menuju ke tempat pelayanan publik.

Untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan publik tersebutlah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kian gencar melakukan layanan jemput bola ke sejumlah desa dan kecamatan untuk melayani administrasi kependudukan dan catatan sipil warga setempat.

“Setiap ada kesempatan akan kami upayakan melakukan layanan jemput bola mulai dari tingkat kecamatan hingga ke tingkat desa dengan memberikan layanan pembuatan kartu keluarga, kartu tanda penduduk, dan akta kelahiran. Kami harap layanan publik yang kami lakukan ini bisa dimanfaatkan masyarakat setempat,” ucapnya.

Setelah sebelumnya melakukan layanan kependuudukan di beberapa desa di Kabupaten Simalungun,kali ini kembali memberikan layanan kependudukan di rambung merah dan sekitarnya.

Dalam layanan tersebut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil   mengerahkan sejumlah operator untuk melayani masyarakat dalam membuat administrasi kependudukan sesuai dengan permintaan masyarakat, bahkan dokumen tersebut langsung diverifikasi dan dicetak.

“Dari pada harus menempuh perjalanan jauh ke ibu kota kabupaten, mereka lebih banyak memilih untuk datang ke balai desa untuk mendapatkan layanan gratis dalam membuat administrasi kependudukan,” ungkapnya.

Pantauan Mediasumut.com  di lapangan, secara umum, respon masyarakat desa rambung merah cukup baik memanfaatkan kegiatan pelayanan jemput bola yang dilakukan pemerintah daerah setempat.  “Alasannya tidak hanya menghemat biaya, dengan mendapatkan layanan publik langsung ke desa setempat otomatis warga tidak perlu repot untuk berkunjung ke kecamatan bahkan ke kabupaten hanya untuk mengurus administrasi kependudukan,” jelasnya.(ms)