Masyarakat Bingung. ADD TA 2016 Rp 319 Juta, “Bangun Kandang Kambing”..?

Mediasumut.com  | Tapteng | – Jika anda melintas dari Barus – Manduamas Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melewati Desa Bondar Suhudon tepatnya di Dusun III Aek Gapuk Desa Bondar Sihudon II Kecamatan Amdan Dewi Tapteng, anda akan heran melihat suatu bangunan yang megah dan cantik.

Tetapi coba anda masuk kedalam bangunan itu, anda akan bertambah heran, bangunan ini diperuntukkan apa, karena didalam bangunan ada kamar kamar.

Didalam ruang ruang tersebut seperti kamar mandi, WC, tukar pakain, dan tempat mencuci, yang layak disebut MCK.

“Bila bangunan ini adalah MCK (Mandi, Cuci, dan Kakus” untuk ternak atau manusia”. tukas seorang warga sekitar tidak mau dipubilikasikan namanya.

Lokasi bangunan megah ini tidak terletak di lokasi pemukiman penduduk. Artinya, jarak rumah penduduk ke lokasi bangunan sekitar 200 – 500 meter, dan ironisnya kalaulah bangunan tersebut diperuntukan untuk masyarakat,tapi kenyataannya berbeda jauh dengan kondisi yang ada.

“Yang tepatnya bangunan ini adalah untuk kandang ternak kambing, tidak percaya,? saksikan sendiri di dalam”. tukas warga sekitar. seraya berpesan, ini titip pesan kami untuk Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani.Kami minta kondisi bangunan ini agar diperjelas peruntukannya.

“Kami berharap, Bupati Tapteng menindak tegas pengguna anggaran dana desa tahun 2016 didesa Bondar Suhudon II, masih banyak bangunan yang bersumber dari dana desa yang sangat diharapkan masyarakat.Jangan bangunan seperti ini,  mubazir ,karena sejak dibangun tidak pernah dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga terlantar begitu saja”. sebut warga.

Selanjutnya Mediasumut.com menelusuri bangunan permanen yang megah itu. Ternyata yang ada didalam sampah, kotoran ternak, kotoran kambing, tidak ada air. Menurut penuturan warga sekitar, bangunan itu dibangun pada tahun 2016 dengan menggunakan Dana Desa sebesar Rp 319 juta, tanpa melalui Musyawarah Desa (Mudes) saat itu Kepala Desa dijabat Plt Kades Bondar Sihudon II, LH, yang ASN di Kantor Camat Amdan Dewi.

Ketika Monalisa mendatangi Kantor Camat Amdan Dewi, pengakuan staf kantor Camat, LH sedang di luar bersama Camat. Saat Mediasumut.com  mencoba menjumpai Kepala Dinas PMD Tapteng, Selasa (25/7) untuk meng-konfirmasi hal tersebut belum berhasil.. (bersambung)