Syukurlah,  Darah di labuhan batu sudah terpenuhi

MEDIASUMUT.COM, Labuhanbatu – Meski Kebutuhan darah untuk Kabupaten Labuhanbatu relatif tinggi. Namun, pihak PMI Labuhanbatu tetap berhasil memenuhinya. Hanya saja, pada saat bulan Ramadan dan hari besar pasokan dan persediaan darah berkurang.







“Kebutuhan darah khusus untuk Kabupaten Labuhanbatu sebanyak 350 hingga 400 kantong, masing-masing 350 cc per kantong, setiap bulannya,” kata Sekretaris PMI Labuhanbatu, Muhammad Rusli, Senin (24/7/2017).

Kata Rusli, rata-rata kebutuhan golongan darah sama. Tapi khusus untuk daerah Labuhanbatu, cenderung paling rumit didapat adalah golongan AB. “Karena pemilik darah golongan AB sangat sedikit, belum tentu dari 100 orang pendonor ada 1 orang bergolongan darah AB,” sebutnya.

Terpenuhinya kebutuhan darah di Labuhanbatu, tambah Rusli, dikarenakan banyaknya warga yang sukarela mendonorkan darahnya. “Alhamdulillah, terpenuhi karena adanya kelompok masyarakat pendonor rutin,” bebernya.

Dia juga mengimbau kepada warga masyarakat yang membutuhkan darah di rumah sakit agar memperhatikan besaran pengenaan biaya. “Biaya penganti pengolahan darah sebesar Rp 360 ribu per kantong. Jadi kalau lebih tinggi dari biaya itu agar mempertanyakan alasannya,” tandasnya. 

Sumber:medansatu.com