Pemkab simalungun tepung tawari 136 calob jemaah haji

Mediasumut | Simalungun | -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun mengadakan acara tepung tawar terhadap 136 orang jamaah calon haji (calhaj) sebelum berangkat menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun 2017, bertempat di pendopo rumah dinas Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Kamis 20/07/2017.

Pelaksanaan tepung tawar tersebut langsung dipimpin oleh Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM didampingi Forkopimda, mewakili ketua DPRD, tuan guru syech muda Dr H Ahmad Sabban Rajaguguk, mewakili Kakan Kemenag dan dihadiri oleh Sekda, staf ahli bupati, asisten dan para pimpinan SKPD dijajaran Pemkab Simalungun serta dari Perbankan.

Dari 136 jamaah calhaj asal Kabupaten Simalungun terdapat laki-laki sebanyak 50 orang dan perempuan 86 orang, turut didalam rombongan Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi bersama istri Nurita br Damanik untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

Kepala staf urusan haji Simalungun diwakili H Amrisam SAg dalam laporannya mengatakan,bahwa persiapan keberangkatan calhaj Kabupaten Simalugun telah dilaksanakan manasik haji sebanyak 8 kali di kecamatan, 2 kali di kabupaten dan pemeriksanaan kesehatan yakni suntik influenza dan meningitid secara gratis dari Pemkab Simalungun terhadap masing masing jamaah.

Berdasarkan jadwal pemberangkatan dan pemulangan embarkasi Medan tahun 1438 H/2017 M, jamaah calhaj asal Kabupaten Simalungun termasuk dalam kloter 6 bersama dengan jamaah calhaj asal kota Pematangsiantar, Tobasa, Medan dan Samosir. Sesuai dengan jadwal juga, jamaah calhaj Simalungun masuk asrama haji Medan pada taggal 1 Agustus 2017, yang di berangkatkan dari halaman Mesjid Asy Syuhada Korem 022/PT.

Acara tepung tawar jamaah calhaj Simalungun sebelumnya diawali dengan pembacaan ayat Suci Al Qur’an oleh salah seorang jamaah calhaj yakni Usmayanto. Selanjutnya Penyerahan kacu dan bale secara simbolik kepada perwakilan calhaj oleh Bupati. Disamping itu Bupati juga menyerahkan tali kasih sebagai uang saku sebesar Rp 2 juta dan buku kesehatan kepada masing-masing jamaah calhaj.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalam sambutannya mengharapkan jumlah jamaah calhaj asal kabupaten simalungun agar dari 136 orang saat berangkat dan jumlah yang sama juga saat kembali ke tanah air. “Kami berdoa, semoga 136 orang yang berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji dan saya harapkan juga 136 juga yang kembali ke tanah air dengan keadaan sehat wal afiat dan membawa semangat baru untuk kita semua,”kata Bupati.

Selain itu Bupati juga mengharapkan kepada para jamaah calhaj untuk mendoakan Kabupaten Simalungun agar selalu aman dan tentram, meskipun berbeda-beda agama, suku, ras maupun golongan, namun semua itu menjadi kekayaan dan pemersatu bagi kita. “Inilah pertama kalinya saya memberangkatkan jamaah calhaj dari rumah dinas, dan saya harapkan kembalinya nanti dengan semangat baru. Doakan kami di Simalungun agar bersatu dan bersama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Tuan Guru Syekh Muda Dr Ahmad Sabban Rajagukguk MA menambahkan agar dalam melakukan pelaksanaan ibadah haji dilakukan dengan setulus hati serta memanjatkan doa kepada Tuhan untuk diberikan keselamatan selama ibadah haji. “Dalam menunaikan haji, maka fokuskan hati untuk beribadah, lakukan sujud syukur kepada Sang Pencipta dan tanamkan semangat beribadah yang baik karena selama di sana kalian menjadi duta haji Simalungun,” tukasnya.(ms)