USU Latih 270 Siswa Pengungsi Sinabung

Kabanjahe, (MediaSumut.com). Dalam upaya membangkit­kan kembali mental dan minat belajar para murid SD dan SMP korban erupsi Si­na­bung, khususnya bidang studi mate­matika, Universitas Suma­tera Utara (USU) me­lalui FMIPA USU akan mela­kukan pening­katan kom­pe­tensi ma­tema­tika bagi 270 murid SD dan SMP asal Desa Mardinding, Keca­matan Ti­gan­derket.

Mendukung kompetensi itu, dosen-dosen FMIPA juga melakukan pela­tihan selama 3 hari kepada 60 guru sebagai tenaga pendam­ping para dosen yang akan digelar Agustus 2017 di posko pengungsian di Terung Peren, Tiganderket.

Drs Hen­ry Rani Sitepu selaku ketua kegiatan didampingi Wakil Ketua DR Open­darinus Sem­biring, Sekretaris Drs Marihat Situmorang, dan koordinator pelatihan SMP, DR Pasukat Sembiring,, Kadis Diknas Karo, Eddy Suranta Surbakti, mengatakannya Kamis (13/7) di ruang kerja Kadis Diknas, Kabanjahe.

Pelatihan dan pembinaan sesuai program USU melaku­kan pengabdian kepada ma­syarakat sesuai dengan Lem­baga Pengabdian Pada Ma­syarakat (LPPM) diketuai Prof Tulus dengan pem­bim­bing Rektor USU, Prof Run­tung Sitepu.

“Mengapa bidang matematika? Karena anak-anak SD dan SMP paling merasakan beban mental yang harus dibekali pola kehi­dupan sesuai kenyataan secara mate­matis dan logis.

Secara psi­kologis mereka harus dibekali dan melibatkan guru sebagai ujung tombak membangun pendidikan dan karakter anak,” ujar Marihat Situmorang.

Kadis Diknas Karo, Eddy Suranta Sur­bakti mengatakan, 270 murid terdiri dari SD dan SMP se-Kecamatan Tigander­ket dibantu 60 guru yang dibe­kali selama pelatihan berupa Diklat oleh dosen-dosen USU di Be­rastagi, pendanaannya sepenuhnya dari USU.

Dinas Pendidikan Karo hanya sebagai fasilitator dan didukung Bupati Karo Ter­kelin Brahmana akan digelar Agustus 2017 di posko Terung Peren, Tiganderket.